INTERNET MARKETING

 

Internet Marketing


Strategi memasarkan dan mengiklankan produk lewat internet dengan tujuan promosi, meningkatkan volume penjualan, serta memengaruhi konsumen untuk membeli suatu barang/jasa.

Pengertian Internet Marketing

Internet marketing merupakan bentuk usaha dari perusahaan untuk memasarkan produk dan jasanya serta membangun hubungan dengan pelanggan melalui media internet. Bentuk pemasaran ini pada dasarnya merupakan situs publik yang sangat besar di jaringan komputer dengan berbagai tipe yang berbeda dan berasal dari berbagai negara di seluruh dunia satu sama lainya kedalam suatu wadah informasi yang sangat besar (Kotler dan Armstrong (2008:237). Mulia (2009) mengatakan bahwa internet marketing adalah sarana untuk memasarkan produk atau jasa melalui internet.

Tujuan Internet Marketing

Tujuan dari internet marketing sendiri adalah untuk mendapatkan konsumen yang lebih luas dan banyak. Melalui jaringan internet, kita dapat terhubung dengan berbagai sumber dan konsumen yang jauh lebih luas. Bahkan tidak terbatas hanya di suatu daerah saja, namun berskala global.

Sekitar 68% pengunjung internet melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Oleh karena itu, penggunaan platform online juga semakin meningkat dan dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah produk pada bisnis yang anda jalankan.

Dengan melakukan promosi, maka konsumen akan semakin aware dan lebih tertarik untuk menggunakan produk anda. Semakin banyak konsumen yang datang, maka trafik pengunjung dari website atau platform anda akan semakin baik. Selain itu, anda juga dapat memberikan berbagai informasi menarik dan terbaru melalui sebuah blog dalam bentuk tulisan artikel.

Manfaat Internet Marketing untuk Bisnis

Berikutnya, masuk pada pembahasan mengenai beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan internet marketing.

      1. Tidak memerlukan modal yang besar

Pertama, anda tidak memerlukan modal yang besar untuk mengembangkan bisnis anda melalui internet. Anda hanya memerlukan strategi yang tepat, serta melakukan riset mengenai kompetitor dari produk anda. 

      2. Jangkauan customer yang lebih luas

Dengan bantuan media internet, dapat meningkatkan cakupan atau scope customer secara luas. Sehingga relasi yang dapat anda peroleh tidak hanya dalam ruang lingkup daerah atau nasional. Akan tetapi juga masuk pada cakupan masyarakat global.

      3. Proses optimasi dan performa yang dapat diukur

Apabila menggunakan metode bisnis konvensional, proses evaluasi dan monitoring bisnis akan sedikit sulit jika dibandingkan dengan melakukan proses optimasi menggunakan metode online marketing. Dari sisi efektivitas dan efisiensi, pemasaran melalui internet dapat memberikan keuntungan bisnis dalam jangka waktu yang panjang.

      4. Aktivitas pemasaran menjadi lebih mudah

Manfaat yang terakhir adalah kegiatan pemasaran menjadi lebih mudah dan cepat. Tidak ada batasan tempat dan waktu untuk melakukan proses bisnis, jika menggunakan pemasaran menggunakan bantuan internet. Kemudian, sebagian besar pengguna internet juga banyak menghabiskan waktu dalam media sosial, forum, dan blog yang dapat memberikan keuntungan bisnis bagi anda dalam hal melakukan promosi produk.

Elemen-Elemen dalam Internet Marketing

Dalam internet marketing ada banyak elemen agar segala proses bisnis berjalan lebih efektif dan sukses, yaitu:

  • Website
  • E-commerce
  • Artikel-artikel SEO
  • Email marketing
  • Search Engine Marketing (SEM)
  • Social Media Marketing
  • Systemize Follow-up
  • Sales

Makin banyak elemen yang dipakai, makin besar peluang kesuksesan yang akan Anda raih. Namun, Anda tidak diharuskan menggunakan semua elemen di atas dalam sekali waktu. Pemanfaatan elemen marketing hendaknya disesuaikan dengan target dan situasi pasar.

Ciri-Ciri Internet Marketing

Konsep pemasaran secara digital (internet marketing) memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Tipe promosi lebih fleksibel dan terpencar, misalnya lewat artikel, update blog, status media sosial, tweet, dan semacamnya
  • Ruang lingkup promosi lebih luas, ditujukan untuk siapa saja dan di mana saja
  • Komunikasi dengan konsumen lebih responsif dan terbuka (terlihat dari makin banyaknya e-commerce yang menyediakan layanan pelanggan 24 jam)
  • Komunikasi banyak arah—baik penjual maupun pembeli sama-sama aktif mendiskusikan produk

Ringkasnya, internet marketing bisa menjadi solusi terbaik untuk mengenalkan produk ke masyarakat sekaligus meningkatkan volume penjualan

semoga bermanfaat bagi yang mau menjalankan internet marketing :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUTORIAL EFEK POTHOSHOP

EDMODO